9 Cara Membersihkan Noda pada Marmer Dengan Aman - Pusat Marmer dan Granit, Pusat Marmer, Pusat Granit, Pemasangan Granit, Cara Membersihkan Marmer

Friday, 7 July 2017

9 Cara Membersihkan Noda pada Marmer Dengan Aman

Cara membersihkan noda pada marmer perlu untuk diketahui agar tampilan marmer tetap terjaga kebersihannya. Hal ini penting, karena marmer memiliki sifat yang sangat berbeda dengan keramik biasa. Oleh karena itu, untuk memperlakukan marmer juga harus dibedakan dengan caranya dengan memperlakukan keramik lantai biasa. Namun belum banyak orang yang mengetahui cara yang benar untuk membersihkan noda marmer.
Cara Membersihkan Noda pada Marmer dengan Aman
Berikut ini ada beberapa tips membersihkan noda pada marmer yang bisa dilakukan dengan aman sehingga lapisan marmer tetap terjaga kualitasnya.
1.      Jeruk nipis dan garam
Noda pada marmer bisa dihilangkan secara alami dengan menggunakan jeruk nipis dan garam. Caranya adalah dengan mengiris jeruk nipis menjadi dua bagian. Buah tersebut digosokkan pada bagian marmer yang terkena noda. Jangan lupa untuk memberikan sedikit garam juga. Tujuan penggunaan garam disini adalah untuk membantu marmer kembali mengkilap setelah terkena noda. Gosok bagian noda tersebut secara teratur hingga noda marmer hilang. Bilas dengan air, kemudian keringkan dengan kain kering.
2.      Cairan H2O2
Cairan pembersih marmer yang cukup populer adalah cairan H2O2. Cairan ini adalah cairan kimia dan banyak dijual di toko kimia. Caranya adalah dengan meneteskan cairan H2O2 pada area marmer yang terkena noda. Tutup area itu dengan kapas dan diamkan dulu selama 6 sampai 8 jam. Setelah 8 jam, angkat kapas yang tadi sudah disematkan. Maka, noda marmer akan berpindah dari lantai ke kapas tadi. Namun, untuk menggunakan cairan ini, lebih baik berhati-hati karena bahan kimia H2O2 berbahaya bagi kulit. Jangan sampai terkena kulit karena akan menimbulkan gangguan kulit yang cukup serius.
3.      Sabun cuci piring
Cara membersihkan noda pada lantai marmer bisa juga dilakukan dengan bantuan sabun pencuci piring. Caranya adalah dengan menuangkan sabun pencuci piring pada kain microfiber. Basahi kain tersebut dengan sedikit air. Gosok secara lembut kain tersebut pada permukaan noda yang dikehendaki. Ingat selalu untuk menggosok marmer pada arah serat yang searah. Jangan menggosok dengan pola melingkar, karena gerakan melingkar akan merusak permukaan marmer. Jika noda sudah bersih, bilas dengan air.
4.      Pemutih pakaian
Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan cairan pemutih pakaian. Tuangkan cairan pemutih pakaian beberapa tetes saja ke bagian noda yang dikehendaki. Tutup permukaan dengan menggunakan tissue atau kain yang juga sudah diberi cairan pemutih pakaian. Rekatkan tissue atau kain tadi dengan bantuan selotip atau lakban. Tunggu hingga beberapa jam. Jika noda sudah berpindah ke tissue, bilas marmer dengan sabun cair.
5.      Amonia
Larutan amonia adalah larutan alkali yang dapat membantu membersihkan noda pada marmer secara aman. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan amonia dengan air kira-kira 200 ml. Usapkan larutan amonia tersebut pada noda marmer secara pelan dan teratur. Noda pada marmer akan segera terangkat. Setelah noda terangkat, segera keringkan bagian noda dengan handuk yang lembut agar tidak tertinggal bekas pada marmer. Adapun jenis noda yang bisa dibersihkan dengan amonia adalah noda lemak, seperti noda bekas makanan atau noda bekas kosmetik.
6.      Deterjen cair
Deterjen cair untuk mencuci pakaian juga bisa membantu menghilangkan noda marmer. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh deterjen cair dengan air 200 ml. Ambil satu kain dan gunakan kain tersebut untuk media menggosok noda pada permukaan marmer. Namun yang perlu diingat adalah deterjen cair ini bisa menimbulkan bekas pada permukaan marmer. Untuk mengindari bekas itu, segera bilas dengan air bersih setelah noda menghilang.
7.      Baking soda
Baking soda atau soda kue juga merupakan bahan kimia alkali yang bisa membantu membersihkan marmer dari noda. Caranya dengan membuat larutan baking soda, lalu menggosokkannya pada permukaan marmer yang terkena noda. Larutan ini aman untuk digunakan karena tidak menimbulkan bekas pada permukaan marmer. Selain itu, baking soda juga dipercaya bisa mengkilapkan permukaan marmer.
8.      Larutan natrium bikarbonat
Cara selanjutnya adalah dengan membuat larutan natrium bikarbonat. Caranya dengan mencampurkan bahan natrium bikarbonat yang bisa dibeli di toko kimia dengan sedikit air. Siramkan larutan tersebut ke bagian marmer yang bernoda. Tunggu hingga beberapa saat agar larutan bisa bereaksi dengan noda. Setelah dirasa cukup, bilas bagian tersebut dengan air dingin dan kemudian keringkan dengan kain bersih.
9.      Bedak tabur
Cara yang cukup unik untuk membersihkan marmer dari noda adalah dengan menggunakan bedak tabur. Taburkan bedak tabur pada bagian noda marmer secukupnya. Tunggu hingga beberapa hari agar bedak bisa bereaksi dengan noda marmer. Jika sudah dirasa cukup, bersihkan bagian itu dengan air bersih. Jika masih ada sisa noda, ulangi cara yang sama hingga noda benar-benar hilang.

Demikianlah 9 cara membersihkan noda pada marmer yang aman. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Tentang Kami

PUSAT MARMER GRANIT

Kami adalah Pusat Marmer dan Pusat Granit dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer dan Granit terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: [email protected]



Popular Posts

Formulir Kontak