Cara Pemasangan Marmer Pada Dinding dengan Langkah yang Benar - Pusat Marmer dan Granit, Pusat Marmer, Pusat Granit, Pemasangan Granit, Cara Membersihkan Marmer

Friday, 7 July 2017

Cara Pemasangan Marmer Pada Dinding dengan Langkah yang Benar

Cara pemasangan marmer pada dinding tidak dapat dilakukan dengan sembarangan, karena salah-salah maka marmer akan pecah dan rusak. Jika Anda ingin melakukan pemasangan marmer pada permukaan dinding, maka yang harus digunakan adalah cara pasang marmer kering. Cara pasang ini memang secara khusus diciptakan untuk digunakan pada pemasangan marmer untuk permukaan yang vertical seperti pada dinding. Alasannya adalah pada pemasangan marmer ini menggunakan kawat serta angkur. Kedua alat tersebut nantinya akan menahan bobot marmer yang termasuk berat sehingga tetap menempel di dinding. Jika menggunakan cara pasang marmer kering maka cairan perekatnya tidak akan mampu menahan bobot marmer yang termasuk berat sehingga akan jatuh dan pecah.

Cara Pemasangan Marmer Pada Dinding dengan sistem kering
Banyak sekali rumah yang dipasangi marmer tidak hanya pada bagian lantainya saja namun juga pada bagian dinding. Pemasangan pada lantai dan dinding akan membuat ruangan lebih menyatu sehingga tampak mewah dan elegant. Berikut adalah langkah yang harus dilakukan jika Anda ingin melakukan pemasangan marmer di dinding:
1.      Persiapan
Pemasangan marmer sistem kering dimulai dengan persiapan alat dan bahanya terlebih dahulu. Jangan lupa Anda juga memerlukan peralatan keamanan selama pengerjaan agar terlindung dari bahaya.
2.      Pemeriksaan marmer
Langkah berikutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan pada marmer yang akan dipasang. Anda harus memeriksa apakah kondisi marmer benar-benar sempurna untuk dipasang di dinding. Jangan sampai Anda sudah terlanjur memasang marmer yang tergores atau bahkan retak karena selain mengurangi keindahan hasilnya juga akan mudah pecah.
3.      Pengecekan warna
Seperti sudah banyak diketahui, marmer merupakan bahan alam yang terdiri dari berbagai macam warna. Bahkan jika semua marmer yang Anda gunakan marmer berwarna putih, belum tentu seluruh warna putih tersebut memiliki warna yang seragam. Karena itulah Anda harus melakukan pengecekan warna untuk memastikan keseragaman warnanya. Pastikan semua marmer yang akan dipasang di dinding memiliki warna yang seragam agar telihat menyatu dengan sempurna.
4.      Pengecekan tekstur
Salah satu yang menyebabkan marmer menjadi indah adalah karena adanya tekstur pada permukaan marmer. Tekstur ini terjadi secara alami selama pembentukan marmer sehingga tidak dapat dikendalikan arahnya. Namun bagaimanapun juga saat melakukan pemasangan marmer Anda harus mengecek tekstur tersebut dan menatanya agar antar satu marmer dengan marmer yang lain memiliki tekstur yang searah atau mirip teksturnya.
Jika perlu gelarlah semua marmer untuk mencocokan teksturnya satu persatu sehingga membentuk satu kesatuan alur tekstur yang cantik Anda juga dapat membuat pola tertentu menggunakan marmer untuk menambah kecantikan hasilnya. Agar dapat mengingat posisi setiap marmer yang sudah dicocokkan teksturnya, maka berilah kode pada setiap marmer tersebut.
5.      Perataan dinding
Marmer harus dipasang pada permukaan dinding yang rata, karena itulah harus dilakukan pemrosesan pada dinding untuk meratakan permukaannya. Lakukan proses screeding di dinding untuk meratakan permukaannya kemudian biarkan dahulu sampai benar-benar kering sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.
6.      Beri pola
Jika memang dinding sudah rata dan kering, selanjutnya Anda perlu memberi pola pada dinding tadi. Pola ini harus sesuai dengan pola yang dibuat saat sedang melakukan pencocokan posisi marmer. Secara trandisional Anda dapat menggunakan tali berkapur untuk menggambar polanya.
7.      Beri tanda
Lanjutan dari artikel pemasangan marmer dinding ini adalah dengan memberikan tanda untuk lokasi dimana harus dipasang paku, kawat angkur serta angkurnya sendiri. Sesuaikan dengan pola yang sudah dibuat sebelumnya dan berikan tanda dimana masing-masing peralatan tersebut harus dipasang.
8.      Pasangkan paku, kawat dan angkur
Setelah semua tanda tersedia, sekarang Anda tinggal memasangkan kawatnya ke dinding sesuai dengan tanda yang tersedia. Gunakan paku untuk memasangkan kawat tersebut. Selanjutnya pasangkan angkur yang nantinya akan digunakan untuk setiap marmer.
9.      Pemasangan marmer
Sekarang tiba saatnya untuk melakukan pemasangan marmer. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat lubang pada masing-masing marmer. Lubang ini berguna untuk menggaitkan marmer pada angkur yang sudah terpasang di dinding agar dapat menahannya. Setelah lubang tersedia, Anda hanya perlu mengaitkan masing-masing marmer pada angkur yang sudah terpasang di dinding sesuai dengan pola yang sudah Anda buat tadi. Lebih baik jika saat mengaitkan batu marmer dilakukan secara vertikal terlebih dahulu baru ke bagian horisontalnya agar hasilnya rapi.
10.  Pengisian nat dan finishing
Setelah semua marmer dipasang dengan sempurna maka perlu dilakukan pengisian nat pada celah dianatara marmer. Biarkan dulu sampai nat benar-benar kering baru lakukan finishing sesuai keinginan Anda juga dapat membersihkannya.

Demikianlah cara pemasangan marmer pada dinding yang benar dengan menggunakan sistem kering semoga berguna untuk membantu Anda melakukan langkah yang benar saat ingin memasang marmer ke dinding yang letaknya vertikal

No comments:

Post a Comment

Tentang Kami

PUSAT MARMER GRANIT

Kami adalah Pusat Marmer dan Pusat Granit dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer dan Granit terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: [email protected]



Popular Posts

Formulir Kontak