Cara Membersihkan Lantai Granit yang Baru Dipasang dan Perawatannya - Pusat Marmer dan Granit, Pusat Marmer, Pusat Granit, Pemasangan Granit, Cara Membersihkan Marmer

Friday, 7 July 2017

Cara Membersihkan Lantai Granit yang Baru Dipasang dan Perawatannya

Cara membersihkan lantai granit yang baru dipasang harus dilakukan dengan benar agar tidak menyebabkan bahan granit menjadi rusak atau tergores. Biasanya banyak yang menggunakan bahan granit sebagai bahan untuk penutup permukaan lantai rumah mereka. Selain bahan ini merupakan bahan yang terbuat dari batuan alam sehingga memiliki kekuatan lebih, namun bahan granit juga memiliki corak warna yang sangat cantik. Hasilnya, lantai yang dilapisi menggunakan bahan granit akan terlihat lebih elegan dan mewah. Namun tentu saja jika Anda ingin mempertahankan keindahan corak warna yang dimiliki oleh bahan granit tersebut juga harus membersihkannya dengan benar.
Tips dan cara membersihkan lantai granit yang baru dipasang
Untuk perawatan membersihkan lantai granit adalah hal yang harus dilakukan. Dengan demikian lantai Anda akan terlihat lebih mengkilap dan tidak kusam. Berikut beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan saat akan membersihkan lantai granit:
1.      Lakukan setiap hari
Tentunya setiap hari akan ada debu dan kotoran baru yang menempel ke lantai granit rumah Anda. Untuk menghindari agar debu serta kotoran tersebut tidak menyebabkan lantai terlihat kotor maka lebih baik untuk melakukan pembersihan lantai granit setiap hari. Caranya adalah dengan mengepelnya setiap hari untuk menjaga tampilan lantai granit agar tetap bersih.
2.      Lakukan pengkilapan mingguan
Jika pembersihan yang dilakukan setiap hari bertujuan untuk menghilangkan debu serta kotoran maka cara mengkilapkan granit yang kusam yang dilakukan mingguan ini bertujuan untuk menjaga lantai granit agar tetap mengkilap dan tidak kusam. Caranya adalah dengan mengepelnya menggunakan cairan pengkilap khusus untuk lantai granit. Jangan lupa untuk pengkilapan ini sebaiknya Anda juga menggunakan air dari sumur yang tidak mengandung klorin dan mineral lainnya seperti yang terdapat pada air keran.
3.      Gunakan kain halus
Untuk menjaga agar lantai granit tidak tergores saat dilakukan pembersihan maka jangan menggunakan bahan yang kasar seperti spons abrasive atau handuk yang kasar. Lebih baik menggunakan kain halus atau tissue agar tidak menggores lantai. Jangan menggunakan vacuum cleaner karena ujung dari alat tersebut serta rodanya dapat menggores permukaan lantai granit yang baru dipasang. Cara menghilangkan goresan pada lantai granit cukup sulit karena itu lebih baik mencegahnya sebisa mungkin.
4.      Gunakan pembersih khusus
Jangan lupa jika sedang membersihkan lantai granit untuk menghilangkan noda yang tidak sengaja menempel maka Anda juga lebih baik menggunakan cairan pembersih granit tile. Cairan ini memang dibuat khusus agar tidak menyebabkan kerusakan pada granit namun tetap dapat menghilangkan noda yang membandel.
Jika Anda tidak dapat menemukan cairan khusus untuk membersihkan lantai granit ini, maka Anda juga dapat menggunakan cairan pembersih piring yang memang lebih aman dipakai dibandingkan dengan cairan pembersih lantai biasa yang ada di pasaran. Jika terdapat noda yang sangat membandel dan masih tidak dapat dihilangkan dengan cairan pembersih piring maka cobalah untuk membersihkannya dengan menggunakan baking soda. Caranya adalah membuat pasta menggunakan baking soda yang dicampur dengan air agar kekentalannya seperti pasta gigi. Kemudian usapkan pasta baking soda tersebut ke bagian lantai granit yang ada nodanya dan diamkan semalaman baru bersihkan keesokan harinya maka noda tersebut akan hilang.
Bahan lain yang dapat digunakan untuk membersihkan lantai granit adalah alkohol, aseton dan hidrogen peroksida. Untuk noda yang mengandung minyak maka Anda dapat menggunakan alkohol. Sedangkan untuk noda lain yang tidak mengandung minyak pada lantai granit berwarna terang maka Anda dapat menggunakan aseton. Namun jika lantai granit yang Anda gunakan memiliki warna yang gelap maka Anda dapat menggunakan hydrogen peroksida.
5.      Lakukan pemolesan ulang
Meskipun sudah melakukan membersihan lantai granit secara rutin, namun tidak dapat dipungkiri lama kelamaan lantai granit akan terlihat kusam karena memang bahan pengkilap lantai granit sudah luntur. Cairan pengkilap lantai granit memang dapat menjaga bahan pengkilap lantai agar lebih lama namun pada akhirnya Anda tetap harus memolesnya ulang.

Jika hal ini terjadi berarti Anda perlu melakukan pemolesan ulang pada lantai granit tersebut secara professional. Pemolesan ini sama seperti pemolesan yang dilakukan oleh pekerja saat lantai granit baru dipasang agar permukaannya terlihat mengkilap. Karena memerlukan alat serta bahan khusus maka Anda tidak dapat melakukan proses ini sendiri dan memerlukan bantuan dari tukang professional untuk melakukannya.

Cara membersihkan lantai granit yang baru dipasang memang tidak dapat dilakukan dengan sembarangan karena itulah lebih baik Anda menyerahkan proses ini pada tukang professional yang akan mengerjakannya dengan cara khusus. Selain itu prosesnya juga membutuhkan peralatan khusus yang hanya dimiliki oleh tukang professional. Biasanya setelah dibersihkan maka lantai granit akan dilapisi dengan bahan pengkilap lantai sehingga Anda hanya perlu merawatnya saja setelah itu.

No comments:

Post a Comment

Tentang Kami

PUSAT MARMER GRANIT

Kami adalah Pusat Marmer dan Pusat Granit dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer dan Granit terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: [email protected]



Popular Posts

Formulir Kontak