Penggunaan Marmer untuk Eksterior Rumah Agar Tampak Lebih Megah - Pusat Marmer dan Granit, Pusat Marmer, Pusat Granit, Pemasangan Granit, Cara Membersihkan Marmer

Friday, 7 July 2017

Penggunaan Marmer untuk Eksterior Rumah Agar Tampak Lebih Megah

Marmer untuk eksterior akan memberikan kesan yang megah, mewah, kokoh, dan juga elegan. Rumah-rumah yang menggunakan material marmer untuk eksterior rumah akan memiliki daya tarik tersendiri, karena warna maupun motif marmer yang alami itu adalah sentuhan yang baik bagi elemen eksterior rumah.

Keunggulan Marmer untuk Eksterior
Sudah diketahui secara umum bahwa marmer adalah bahan yang relatif mahal. Oleh karena itu marmer sering dipasang di eksterior rumah untuk memenuhi gengsi pemilik rumah. Walau mahal, penggunaan marmer sebagai elemen eksterior rumah tidak pernah menurun. Hal ini terjadi karena marmer memang memiliki banyak keunggulan. Adapun kelebihan marmer untuk eksterior diantaranya dijelaskan sebagai berikut.
  1. Tahan panas
Marmer memiliki sifat isolator yang baik dan konduktor yang buruk, sehingga marmer akan lebih tahan terhadap panas. Tidak seperti bahan lain (keramik, teraso, atau kayu) yang mudah memuai dan pecah saat terpapar panas matahari, marmer cenderung bisa mempertahankan suhu dingin. Penggunaan marmer sebagai bahan eksterior tentu akan menguntungkan karena karakteristik tersebut.
  1. Tahan api
Bukan hanya tahan panas, marmer ternyata juga tahan terhadap api. Tidak heran, karena marmer itu sendiri terbentuk dari proses patahan, pemanasan, dan penekanan yang ekstra di dalam inti bumi. Marmer yang tahan terhadap api ini akan mampu meminimalisir risiko kebakaran. Tidak heran mengapa di luar negeri ada banyak perapian yang dibuat dari bahan marmer.
  1. Mudah dibersihkan
Marmer adalah bahan batuan yang permukaannya padat dan mengkilap. Apalagi jika sudah dipoles dengan baik. Walau marmer memiliki daya serap yang cukup tinggi, marmer mudah sekali dibersihkan. Bahan untuk membersihkannya pun mudah ditemui di rumah, seperti sabun pencuci piring, cairan pembersih marmer khusus, atau bahan alami seperti baking soda. Sehingga penggunaan marmer untuk eksterior rumah akan sangat cocok digunakan. Apalagi elemen yang berada di luar rumah akan cenderung aman dari noda membandel.
  1. Pilihan warna dan corak yang beragam
Marmer memiliki pilihan warna dan corak yang beragam. Entah itu marmer lokal atau marmer import, banyak varian warna dan corak yang bisa dipilih. Hal ini tentu akan menguntungkan dari segi tampilan visual, karena batu marmer untuk depan rumah haruslah senada dengan konsep bangunan dan warna cat dari bangunan itu sendiri.
  1. Tahan lama
Marmer sebagai bahan bangunan, khususnya untuk elemen eksterior akan lebih mudah beradaptasi dengan iklim dan musim di lingkungan luar rumah, karena pada dasarnya marmer itu adalah bahan alami yang terbentuk dari suhu dan tekanan yang tinggi. Oleh karena itu marmer akan lebih tahan lama jika dibandingkan dengan bahan lain seperti keramik atau kayu yang mudah melengkung.
  1. Mudah dipotong
Marmer yang memiliki serat-serat dengan kepadatan yang baik juga mudah dipotong. Marmer yang mudah dipotong tentu akan lebih mudah dibentuk sesuai keinginan. Oleh sebab itu elemen eksterior rumah yang detail sekalipun bisa dibentuk dengan marmer.
Penggunaan Marmer untuk Eksterior
Ada banyak cara mengaplikasikan marmer di eksterior rumah. Beberapa bangunan yang menggunakan marmer sebagai elemen eksterior rumah mengaplikasikan marmer pada bagian-bagian:
  1. Pilar
Elemen eksterior yang paling sering diaplikasikan dengan batu marmer adalah pilar atau kolom. Untuk rumah mewah yang biasanya berukuran besar, kolom yang dilingkupi marmer akan berkesan lebih kokoh dan elegan. Beberapa rumah bergaya mediteranian atau klasik kontemporer biasanya memiliki pilar marmer sebagai ikon rumah.
  1. Dinding
Ada beberapa rumah juga yang menggunakan marmer pada elemen dinding eksterior rumah. Biasanya rumah minimalis menerapkan marmer pada dinding. Tujuannya untuk memberikan kesan dan corak tertentu dan untuk aksen estetika bagian luar rumah.
  1. Penghias pintu atau jendela
Marmer juga biasanya dijadikan bahan penghias pintu dan jendela. Perletakannya ada di sekitar kusen pintu atau kusen jendela. Ada juga yang digunakan sebagai bahan teritisan atau penghias pada dak pintu atau jendela.
  1. Teras
Penggunaan marmer untuk elemen eksterior yang cukup mudah diaplikasikan adalah dengan memasangnya pada lantai teras. Untuk lantai teras ini lebih baik menggunakan bahan marmer yang berwarna gelap agar bisa menyamarkan noda dan kotoran.
  1. Lampu taman
Ada juga beberapa lampu taman yang didesain dari batu marmer. Namun harganya biasanya cukup mahal. Penggunaan marmer untuk lampu taman ini sejalan dengan karakter fisik marmer yang cenderung meneruskan cahaya (transparan).
  1. Pot tanaman
Beberapa pot tanaman mewah dibuat dari bahan marmer. Ada juga pot yang didesain sendiri dengan melapisi permukaan dinding-dinding yang menonjol dengan marmer, sehingga bagian tonjolan itu bisa dijadikan media tanaman. Rumah pun tidak hanya mewah tetapi juga asri.

Itulah penjelasan mengenai penggunaan marmer untuk eksterior rumah serta keunggulannya. Semoga bermanfaat.
https://suppliermarmergranit.com/InspirasiDesainRumahMarmerGranit/

No comments:

Post a Comment

Tentang Kami

PUSAT MARMER GRANIT

Kami adalah Pusat Marmer dan Pusat Granit dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer dan Granit terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: [email protected]



Popular Posts

Formulir Kontak