Cara Memoles Marmer dan Granit Agar Kembali Berkilau - Pusat Marmer dan Granit, Pusat Marmer, Pusat Granit, Pemasangan Granit, Cara Membersihkan Marmer

Friday, 7 July 2017

Cara Memoles Marmer dan Granit Agar Kembali Berkilau

Cara memoles marmer dan granit tidaklah mudah. Namun pemolesan terhadap permukaan marmer dan granit perlu dilakukan. Hal ini sejalan dengan pola perawatan lantai marmer dan granit yang sama-sama merupakan bahan alami yang tidak tahan terhadap noda dan kotoran akibat daya serapnya. Selain itu, kedua bahan ini terbilang mahal. Oleh karena itu, kualitasnya harus dijaga, salah satunya dengan memoles permukaannya.

Cara Memoles Marmer dan Granit yang Benar
Pemolesan terhadap permukaan marmer dan granit harus dilakukan dengan benar. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada cacat, tidak ada gelombang, dan agar permukaan bisa rata dan berkilau lebih tahan lama. Cara memoles marmer dan granit dengan mengilat biasanya dilakukan oleh para ahli atau dengan menggunakan jasa poles marmer dan granit.
Biasanya pemolesan marmer dilakukan dengan teknik kristalisasi, yaitu dengan menggunakan produk khusus seperti pasta blanca crystallizing powder yang digunakan secara merata pada bagian permukaan marmer. Atau dengan menggunakan terranova crystallizing liquid untuk perawatan permukaan sehari-hari yang bisa dilakukan secara manual.
Memoles permukaan marmer secara manual bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana, yaitu membersihkan permukaan marmer dengan cairan pembersih atau cairan pemoles marmer yang tepat, yaitu yang pH-nya netral agar tidak merusak permukaan dan warnanya. Selain itu, selalu jaga kualitas marmer agar aman dari goresan dan noda yang membekas. Penggunaan poles marmer ada juga yang dapat menarik debu halus dan kotoran kering, sehingga proses pemolesan tidak akan menciptakan goresan.
Sedangkan untuk granit, dibutuhkan teknik yang cukup berbeda dengan marmer, karena permukaan granit memang memiliki karakteristik yang berbeda dengan marmer. Pemolesan granit biasanya membutuhkan waktu dua kali lebih lama daripada proses pemolesan marmer. Hal ini berkaitan dengan kepadatan dan kekerasan granit.

Perbedaan antara teknik pemolesan granit dan pemolesan marmer adalah pada masa pakainya. Proses pemolesan granit biasanya bertahan lebih lama, yaitu mencapai 10 tahun. Sedangkan proses pemolesan marmer biasanya hanya bertahan selama 6 bulan saja.
Merawat Marmer dan Granit
Cara merawat marmer dan granit ternyata tidak jauh berbeda, karena keduanya merupakan batuan alami. Berikut ini ada beberapa tips untuk merawat permukaan marmer dan granit.
· Gunakan kain atau lap mikrofiber, yaitu kain lap yang memiliki serat mikro yang halus. Penggunaan kain mikrofiber ini akan melindungi permukaan granit dan marmer dari gesekan dan goresan yang menyebabkan bekas.
·Gunakan pembersih khusus untuk membersihkan granit dan marmer. Pembersih khusus ini memiliki pH yang netral, sehingga kandungan alami pada batuan marmer dan granit tidak akan terkena asam berlebihan atau basa yang terlalu banyak.
· Lapisi permukaan granit dan marmer dengan lapisan sealer. Lapisan sealer ini bisa didapatkan dari proses pemolesan. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada tumpukan noda dan kotoran yang mudah meresap ke permukaan marmer dan granit.
Selama perawatan, sebaiknya hindari penggunaan bahan-bahan berikut ini:
·Vacuum cleaner, karena bisa menggores permukaan marmer dan granit. Bersihkan saja debu-debu di permukaan marmer dan granit dengan sapu khusus yang berbahan lembut.
· Kain atau lap yang kasar, karena akan meningkatkan risiko goresan pada permukaan marmer dan granit.
· Zat pembersih yang mengandung asam, karena asam bisa mengikis permukaan marmer dan granit. Selain itu asam akan mempengaruhi warna dan kilap permukaan.
Membersihkan Marmer dan Granit
Cara membersihkan marmer dan granit juga terbilang mirip, yaitu mengikuti tips-tips sebagai berikut:
· Untuk membersihkan permukaan marmer, gunakan gerakan usapan yang searah dengan pola marmer itu sendiri. Jangan menggunakan gerakan yang memutar untuk marmer karena bisa merusak permukaan marmer dan mengurangi kilauan marmer.
· Untuk membersihkan permukaan granit, gunakan cairan pembersih secukupnya dan jangan berlebihan. Lalu, segera usapkan kain mikrofiber secara merata. Keringkan dengan kain baru hingga benar-benar kering.
· Untuk mengepel marmer maupun granit, lakukan dengan cara yang lembut dengan kain yang tidak kasar, agar kualitas permukaan tetap terjaga.
·Jika ada noda pada permukaan marmer maupun granit, segera bersihkan agar tidak muncul bekas atau flek noda yang tidak bisa hilang.
·  Jika perlu, pengepelan permukaan marmer dan granit dilakukan setiap hari secara rutin atau 2 hari sekali.
· Jika tidak menemukan cairan pembersih khusus untuk marmer atau granit, penggunaan cairan pembersih piring juga bisa dijadikan alternatif pertama. Cairan pencuci piring tidak mengandung zat berbahaya dan aman untuk digunakan pada permukaan marmer dan granit. Caranya adalah dengan membuat larutan sabun piring dengan air. Gunakan larutan itu untuk membersihkan atau mengepel permukaan granit dan marmer. Setelah selesai, bilas dan keringkan.

Demikianlah cara memoles marmer dan granit beserta cara membersihkan dan merawatnya. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Tentang Kami

PUSAT MARMER GRANIT

Kami adalah Pusat Marmer dan Pusat Granit dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer dan Granit terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: [email protected]



Popular Posts

Formulir Kontak