Perbedaan, Kekurangan, Kelebihan dari Granit dan Marmer - Pusat Marmer dan Granit, Pusat Marmer, Pusat Granit, Pemasangan Granit, Cara Membersihkan Marmer

Friday, 7 July 2017

Perbedaan, Kekurangan, Kelebihan dari Granit dan Marmer

Perbedaan, kekurangan, kelebihan dari granit dan marmer dapat menjadi pertimbangan bagi kita saat bingung harus memilih bahan mana. Pemilihan bahan material sangatlah penting dalam membangun rumah. Tidak hanya kualitas dan kekokohannya saja, melainkan juga tampilannya yang dapat mendukung desain dari rumah itu sendiri.

Pelajari Perbedaan, Kekurangan, Kelebihan dari Granit dan Marmer
Perkembangan zaman membuat material untuk bangunan rumah semakin bervariasi dan modern. Bahan-bahan tersebut tidak lagi hanya mengandalkan kualitas saja, tapi juga keindahan tampilannya. Hal inilah yang dimiliki oleh granit dan marmer. Kedua bahan ini sering digunakan oleh banyak orang dalam membangun rumah, baik untuk bahan lantai hingga dinding tergantung desain yang dibuat. Apabila Anda adalah salah satu orang yang hendak membangun rumah maka penting untuk mempertimbangkan pemakaian bahan-bahan dalam pembangunan ini. Banyak bahan yang bisa Anda pertimbangkan, namun batu granit dan marmer menjadi bahan dengan kualitas tinggi dan keduanya memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing.
Bagi beberapa orang mungkin masih salah mengidentifikasi mana yang disebut granit dan mana yang disebut marmer. Hal ini dikarenakan keduanya memiliki tampilan yang hampir mirip. Tidak heran jika banyak orang yang tidak mengetahui perbedaan granit dengan marmer.

Granit merupakan bebatuan hasil dari aktivitas metamorfosa gunung berapi dan mempunyai tekstur lebih keras. Sementara marmer adalah hasil dari gunung kapur yang terkena suhu panas dan kemudian mengeras sehingga membentuk sedimen dan berpola gradasi sehingga tampilannya pun lebih indah dengan tekstur halus. Berdasarkan pengertian tersebut mungkin Anda sudah mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai perbedaan keduanya.

Pada dasarnya, cara pemasangan granit dan marmer memiliki persamaan dengan memasang keramik pada umumnya, hanya saja keduanya harus menggunakan beton sebagai perekat antara ubinnya. Tapi kedua bahan ini juga memiliki perbedaan dari segi maintanance-nya. Lantai yang terbuat dari granit maka akan lebih tahan lama dan tidak rentan terhadap goresan ataupun kotoran, berbeda dengan batu marmer di mana lantai akan mudah kotor sehingga harus segera ditangani. Tidak cukup jika hanya menggunakan air untuk membersihkan kotoran yang ada. Cobalah untuk menggunakan sabun dan air agar noda dapat hilang dengan mudah.
Jika Anda sudah mulai bisa membedakan antara keduanya, maka kini saatnya mengetahui kekurangan dan kelebihan dari granit dan marmer. Pertama, kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan batu granit terlebih dahulu. Granit memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:
1.   Ukuran maksimal 100 x 100 cm sehingga Anda bisa memesannya dengan ukuran lebih luas dibanding marmer
2.      Mempunyai tampilan yang mewah karena kilap yang dihasilkan
3.      Sambungan nat terlihat lebih tipis sehingga terkesan menyatu
Sedangkan, untuk kekurangan granit adalah:
1.      Warna tidak dapat sama persis karena bebatuan ini terbuat secara alami sehingga kita tidak dapat memastikan bahwa warna setiap potongnya akan sama.
2.   Karena teksturnya yang begitu keras dan tebal membuat granit membutuhkan alat pemotong khusus
3.      Kualitas yang bagus membuat harga granit lebih mahal
4.      Perlu adanya perawatan yang lebih intens dan cermat
Karakteristik granit di atas, mungkin tidak terlalu jauh dengan marmer, namun setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan marmer barulah Anda bisa menentukan bahan mana yang akan digunakan. 
Berikut ini adalah kelebihan dari marmer:
1.      Mempunyai kesan yang mewah karena kilap yang dimiliki
2.      Nat lebih kecil dibandingkan granit sehingga akan terlihat seperti tidak bersekat
3.      Tidak ada batasan ukuran sehingga Anda bisa memesan dengan ukuran berapapun
4.      Ruangan akan terlihat lebih luas dan terasa lebih sejuk
Sementara, untuk kekurangan marmer juga perlu diperhatikan, yaitu:
1.      Marmer juga membutuhkan pemotong khusus
2.      Warna tidak bisa sama persis karena merupakan bebatuan alami
3.      Setelah dipasang, marmer harus dipoles sehingga diperlukan tahapan yang lebih panjang untuk pemasangan
4.      Harganya lebih mahal daripada keramik pada umumnya
5.  Apabila terkena kotoran maka lantai dengan marmer lebih sulit untuk dibersihkan jadi perawatannya harus lebih ekstra

Granit dan marmer memiliki kelebihan dan kekurangan hampir sama jadi mungkin akan membuat Anda bingung untuk memilihnya. Untuk itu, sesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan keuangan Anda. Jangan terburu-buru untuk memilih salah satunya, tetapi pertimbanglah terlebih dahulu dari segala aspek agar pilihan yang diambil adalah pilihan yang tepat. Lakukan survey terlebih dahulu sehingga Anda akan mengetahui kualitas dan harganya. Pada dasarnya, mau memilih granit atau marmer yang harganya murah juga tergantung dari jenis yang Anda pilih. Semakin bagus jenis yang dipilih maka harganya juga akan semakin tinggi, entah itu granit maupun marmer. Gunakan perbedaan, kekurangan, kelebihan dari granit dan marmer tersebut untuk menentukan bahan mana yang cocok untuk membuat lantai di rumah Anda.

No comments:

Post a Comment

Tentang Kami

PUSAT MARMER GRANIT

Kami adalah Pusat Marmer dan Pusat Granit dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer dan Granit terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: [email protected]



Popular Posts

Formulir Kontak